Present Perfect Tense



Pengertian Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu aksi atau situasi yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang atau telah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu namun efeknya masih berlanjut.
Rumus Present Perfect Tense
BentukRumus Present Perfect TenseContoh Kalimat
Positif
(+)
· I/You/We/They +have + verb 3
· He/She/It + has +verb 3
· They have livedin Jakarta for a long time
· He has learnedEnglish for one year
Negatif
(-)
· I/You/We/They +have + not + verb 3
· He/She/It + has +not + verb 3
· They have notlived in Jakarta for a long time
· He has notlearned English for one year
Interogatif
(?)
· Have + I/You/We/They +verb 3?
· Has + He/She/It +verb 3?
· Have they livedin Jakarta for a long time?
· Has he learnedEnglish for one year?
rumus present perfect tense
sumber gambar: grammar-monster.com

   
            Exercise

1. …… a noise just then?
a. Did you hear?   b. Do you hear?     c. Have you heard?      d. Have you been hearing?
Jawaban: c
Pembahasan: Kalimat lengkapnya adalah “Have you heard a noise just then?” Mengapa tidak (a) Did you hear a noise just then?
Karena untuk pertanyaan menggunakan kata “Did” memiliki pengertian peristiwa yang terjadi kemarin atau sudah lampau, dan jawaban (b) Do you hear a noise just then?
Pertanyaan menggunakan “Do” berarti kejadian yang terjadi secara berulang-ulang atau merupakan suatu kebiasaan, tetapi pada kalimat di atas mengandung kata “just” yang berarti “baru saja”, jadi tidak bisa dimasukkan ke dalam bentuk tense “simpe present tense”.
Sedangkan jawaban (d) Have you been hearing a noise just then? memiliki arti “Apakah kamu sedang mendengarkan musik sampai sekarang dan belum selesai hingga sekarang sampai jangka di waktu mendatang?
Simple present perfect tense memiliki arti kegiatan yang baru saja selesai dilakukan dan tidak berlangsung seterusnya, maka dari itu jawaban yang paling tepat adalah c.
2. They are singing and dancing because their uncle…… …………
a. is arriving       b. has arrived        c. arrives       d. arrived
Jawaban: b
Penjelasan: “They are singing and dancing because their uncle has arrived”.
Kalimat ini memiliki arti “Mereka sedang bernyanyi dan menari karena paman mereka sudah/telah tiba”.
Mengapa jawabannya bukan yang (c) atau (d)? Kembali lagi kepada penjelasan pada soal no.1.
Untuk jawaban (c) dengan kata ‘arrives’ digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang terjadi berulang-ulang dan jawaban (d) adalah untuk keadaan yang terjadi di masa lampau yang berarti Pamannya tiba kemarin.  Maka jawaban yang tepat adalah (B)
3. You’ve finished the test. The negative form of this sentence is….
a. You don’t finish the test.     b. You aren’t finishing the test.    c. You haven’t finished the test yet.   d. You didn’t finish the test yet.
Jawaban: c
Penjelasan: Kalimat positif adalah “You’ve finished the test”. Jika kalimat negatif untuk jawaban (a), maka kalimat positifnya adalah “You finish the test”.
Untuk pilihan (b) kalimat positif menjadi “You are finishing the test. Sedangkan pilihan (d) kalimat positifnya adalah “You finished the test”. Jadi jawaban yang paling tepat adalah (c)

4. The children have……eaten their breakfast.
a. since     b. been     c. yet       d. just
Jawaban: d
Penjelasan: The children have just eaten their breakfast, yang memiliki arti “Anak-anak baru saja sudah makan pagi”.
Jika jawaban yang (b) maka kalimatnya akan menjadi “The children have been eating bukan have been eaten.
Jadi jawaban (b) kurang tepat pada kalimat di atas. Jawaban (a) “since” hanya diikuti oleh keterangan waktu bukan kata kerja.
Seperti contoh: I have lived in Torontosince 1999. Sedangkan jawaban (c) “yet” digunakan untuk pada kalimat negatif dan kalimat bertanya dan biasanya terletak di akhir kalimat. “Yet” berarti belum hingga sekarang. Jadi jawaban (c) blum tepat digunakan untuk kalimat di atas. Maka jawaban (d) lah yang tepat.
5. Mr. Efendi…. in Bali for a week.
a. been   b. having     c. has        d. has been
Jawaban: d
Penjelasan: Mr. Efendi has been in Bali for a week memiliki arti Bapak Efendi sudah di Bali selama 1 minggu.
Untuk jawaban (a) belum tepat karena sebelum menggunakan ‘been’ harus terdapat kata kerja bantu (auxiliary verb) has/have.
Jawaban (b) menggunakan kata ‘having’ juga belum tepat penggunaannya dikarenakan tidak ada ‘be’ (is, am, are, was, were, been, dan lain-lain).
Jika kalimat di atas ingin menggunakan ‘be’ maka kalimatnya akan menjadi “Mr.Efendi is having his lunch now” yang memiliki arti “Bapak Efendi sedang makan siangnya sekarang”.
Sedangkan jawaban (c) juga penggunaannya belum tepat dengan menggunakan kata ‘has’ saja karena jika menggunakan “has/have” saja yang dimana kata tersebut berfungsi sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb) maka dibutuhkan kata kerja sesungguhnya, seperti “He has cleanedthe shoes” yang artinya “Dia telah membersihkan sepatu”.
Pada kalimat ini, kata kerja sesungguhnya adalah ‘cleaned’ sedangkan ‘has’ hanya sebagai kata kerja bantu saja. Maka jawaban yang tepat adalah d.
6. A: What have you just done?
     B: I’ve just ….. a letter.
a. written    b. is writing      c. writing       d. am writing
Jawaban: a
Penjelasan: I’ve just written a letter,yang artinya “Saya baru saja menulis surat”, jadi surat yang dibuat sudah selesai.
Namun pada jawaban (b) “am writing” memiliki makna “Saya sedang menulis surat”, jadi surat yang dibuat belum selesai dalam arti sedang dikerjakan.
Untuk jawaban (c) belum tepat juga penggunaannya karena sebelum kata ‘writing’ atau bentuk ‘Verb-ing” maka dibutuhkan “be” sebelum kata ‘writing’.
Untuk jawaban (b) dan (d) tidak dapat digunakan pada kalimat di atas karena kita tidak bisa menggabung kata “am writing” dan “is writing” menjadi “I’ve just is writing a letter”, maka dari itu jawaban yang tepat adalah a.
7. I have a new shirt now, my mother has …… it.
a. to sew       b. sewn        c. sewing       d. sews
Jawaban: b
Penjelasan: I have a new shirt now, my mother has sewn it. Yang artinya “Saya mempunyai baju baru sekarang, Ibu saya telah menjahitkannya.
Kembali lagi seperti penjelasan sebelumnya.
Jika jawaban (a) tidak perlu kata ‘to’ dan harus diubah dalam bentuk kata kerja ketiga menjadi “sewn”, jawaban (c) harus diawali oleh ‘be’ (been) dan jawaban (d) adalah untuk penggunaan “simple present tense”, maka jawaban yang paling tepat adalah jawaban (b)
8. Andy : …… the new Walt Disney movie yet?
     Rully : Yes, i have. I watched it yesterday.
a. Has you watched     b. Were you watched    c. Have you watched       d. Do you watch
Jawaban: c
Penjelasan: Have you watched the new Walt Disney movie yet? Yang memiliki arti “Sudahkah/Pernahkah kamu menonton film Walt Disney yang baru?”  
Untuk jawaban (a), belum tepat karena “has” digunakan jika Subjeknya adalah “She/He/It”, jawaban (b) juga belum tepat karena untuk pertanyaan “Were you watched?” digunakan untuk “Simple Past Continuous Tense” dan kalimat di atas seharusnya menjadi “Were you watching TV?”, sedangkan untuk jawaban (d) merupakan jenis kalimat “Simple Present Tense” dimana pada kalimat pertanyaan “Simple Present Tense” tidak pernah menggunakan kata ‘yet’ pada akhir kalimat.
Biasanya kalimatnya sepertin ini “Do you often watch movie to the cinema?”, maka dari itu jawaban c adalah jawaban yang paling tepat.
9. Mr. Hasan has….
a. already polished his shoes.     b. not to do at home.      c. doing something the whole day.    d. be here since ten o’clock
Jawaban: a
Penjelasan: Mr. Hasan has already polished his shoes. Kalimat ini memiliki arti Mr. Hasan sudah memoles sepatunya.
Jawaban (b) kurang tepat karena jika kalimat negatif dari “Present Perfect Tense” yaitu “Mr. Hasan has not polished his shoes” dan jawaban (c) dan (d) tidak sesuai dengan kalimat jenis “present perfect tense” dan maknanya yang berbeda.
Maka jawaban yang tepat adalah a.
10. Miss Rina…….. us English since 2004.
a. was teaching      b. has taught      c. is going to teach            d. taught
Jawaban: b
Penjelasan: Miss Rina has taught usEnglish since 2004. Kalimat ini memiliki arti Miss Rina telah mengajarkan kita bahasa Inggris sejak tahun 2004.
Jawaban (a) kurang tepat karena jika kalimat “Miss Rina was teaching us English” itu berarti Miss Rina sedang mengajarkan kita bahasa Inggris hanya pada waktu yang sudah lewat/lampau dan tidak sampai sekarang.
Jawaban (c) “Miss Rina is going to teach us English” memiliki arti “Miss Rina akan mengajar kita bahasa Inggris”, jadi untuk kejadian di masa depan. Sedangkan jawaban (d) untuk “Simple Past Tense” yang terjadi di masa lampau.
Jadi jawaban yang paling tepat adalah b.


       Source

https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-present-perfect-tense
https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-present-perfect-tense

   https://www.englishcafe.co.id/contoh-soal-present-perfect-beserta-pembahasan-lengkapnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Procedure Text (Beverage Recipe)

Continuous Tense

Objective, Purpose, Agreement, Disagreement